Minggu, 05 Mei 2013


DURIAN SUMBERJAMBE UNGGULAN KAB. JEMBER

        Di kabupaten Jember jika bicara durian pasti akan tertuju pada durian asal Kecamatan Sumberjambe. Durian dari Sumberjambe ini memang sudah menjadi ikon kabupaten Jember karena memang mempunyai rasa yang khas dan harganya cukup terjangkau di kantong pembeli.





Tanaman durian sumberjambe ini merupakan tanaman lokal, sehingga memiliki rasa yang khas yaitu manis, legit dan sedikit pahit. Aroma , bentuk buah, warna kulit dan warna daging pun juga berbeda-beda. hal inilah yang membuat durian sumberjambe dikenal. Bentuk durian yang beragam ini mempunyai nama sendiri-sendiri ada yang dinamakan durian kerbau, durian gading dll.





Tanaman durian di Sumberjambe mencapai 40.000 - 50.000 pohon dengan jumlah tanaman produktif sekitar 40 - 50 % yang tersebar di semua desa di kecamatn Sumberjambe utamanya Desa Rowosari, Pringgondani dan Jambearum.  Untuk lebih mengenalkan Durian Sumberjambe ini, sudah diadakan beberapa kali kontes, bursa atau pameran di kabupaten jember. selain itu pula petani-petani durian juga diikutkan pameran di daerah lain sampai ke Jawa Barat.




FESTIFAL SEPEKAN DURIAN SUMBERJAMBE

Jember memang kaya akan agroindustri. Jember yang kebetulan merupakan sentra Buah Naga ternyata menyimpan kekayaan lain selain buah naga, yaitu buah durian Durio zibethinus, buah yang mempunyai aroma khas, rasa yang manis dan daging yang lembut. Di Jember daerah penghasil durian kelas I adalah di Kecamatan Sumberjambe. Di Sumberjambe ini banyak dijumpai pohon-pohon durian, bahkan dari daerah ini di temukan varietas unggul durian yang telah memenangkan kontes-kontes durian mulai nasional sampai internasional.

Pada tanggal 28 Februari sampai dengan 7 Maret 2009 di Ex. TPK Perhutani Jubung - Jember di laksanakan Pesta Durian " Sepekan Durian Sumberjambe ". Pengunjung bisa langsung makan ditempat durian-durian kelas I yang dipanen langsung dari Kecamatan Sumberjamber. Sepekan Durian Sumberjambe 2009 yang digelar pada 28 Februari-7 Maret 2009 di ex TPK Jubung berakhir sudah. Acara ditutup oleh Kepala Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Jember secara sederhana pada pukul 16.00 dihadapan para pengurus Koperasi Tsamarot, Camat Sumberjambe dan beberapa pengunjung yang masih penasaran membeli durian yang tersisa. Menurut laporan pengurus koperasi, hasil penjualan durian selama 8 hari total durian terjuan 7.338 buah dengan nilai transaksi Rp. 140 juta lebih

Selama 8 hari memasok durian dari Sumberjambe ke lokasi penjualan, Koperasi Tsamarot harus bekerja keras. Pasalnya, mereka harus bersaing dengan para pedagang dari luar kecamatan yang berani mematok harga durian di tingkat petani lebih tinggi dari biasanya. Untunglah para pengurus koperasi memiliki kedekatan emosional dengan para petani pemilik durian yang belum menjadi anggota koperasi, sehingga meskipun harga pedagang dari luar kecamatan lebih tinggi mereka lebih memilih menjualnya kepada koperasi tsamarot. Artinya semangat berbisnis secara berjamaah sudah mewabah bagai virus merasuki lubuk hati petani pemilik durian.

Sepekan Durian Sumberjambe 2009 berimplikasi positif terhadap sikap dan cara pandang petani durian terhadap institusi koperasi.




Kontes Durian di Desa Sumberjambe

Location : Ex. TPK Perhutani Jubung Jember
Event : Sepekan Durian Sumberjambe
Sumber : http://diskop.umkm-jember.web.id/?p=457





Tidak ada komentar:

Posting Komentar